Membran Bakar Waterproofing untuk Permukaan Beton



Membran bakar waterproofing adalah suatu teknik untuk coating atau memberi lapisan pada sebuah permukaan beton seperti dak. Material pelapis adalah berbentuk lembaran dan dibuat dari modified bitumen. Sebuah material yang diperkuat dengan serat tulang dan nantinya digelar untuk melapisi struktur beton.

Sebelum lapisan tersebut digelar, bagian bawah membran akan dibakar terlebih dulu. Pada pengerjaan pelapisan permukaan beton tersebut, permukaan yang akan ditutup membran harus dibersihkan terlebih dahulu baik dari debu, pasir halus, minyak, dan kotoran lain yang menempel.
Permukaan harus bersih, membran harus menempel rapat, dan tidak ada ruang di bawah lapisan agar hasilnya sempurna. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengerjaan waterproofing ini.
Berikut adalah beberapa poin penting agar hasil waterproofing bagus dan sesuai.

Tips Coating dengan Teknik Membran Bakar


Pelapisan permukaan beton dengan teknik ini tentu menggunakan beberapa alat bantu. Namun tidak menutup kemungkinan ada kesalahan yang bisa terjadi dan lapisan yang dipasang pun tidak sempurna. Untuk mencegah hal tersebut, beberapa catatan penting berikut sebaiknya selalu diperhatikan.

1. Memberi overlap 10 cm

Perlu diperhatikan untuk setiap sambungan membran untuk diberi kelebihan panjang sekitar 10 cm. Tambahan tersebut diberikan jika panjang dari sambungan membran tidak mencukupi space ruangan.
Sementara itu untuk  harga Membran bakar 2018 biasanya akan dihitung per meter. Semakin luas ukuran ruangan yang dilapisi, maka material membran yang dibutuhkan akan semakin banyak dan harganya pun lebih mahal.
Seluruh lapisan beton harus dapat tertutup sempurna oleh membran agar tidak ada udara yang masuk dan merusak lapisan yang sudah dipasang. Biasanya sebelum dipasang, membran akan digelar untuk mengetahui pola ruangan yang dilapisi dengan membran.

2. Pelapisan sudut ruangan harus diberi corner rounded

Bagian penting lain yang perlu diperhatikan untuk pelapisan beton dengan metode ini adalah pada sudut ruangan. Untuk bagian sudut, perlu diberi corner rounded agar membran dapat menutup permukaan dengan lebih sempurna dan tahan lama.
Membran bakar Surabaya dan kota-kota lainnya banyak dibutuhkan karena memang cocok untuk diterapkan di berbagai struktur beton, mulai dari dak beton hingga balkon. Namun perlu diperhatikan untuk setiap pemasangan atau pelapisan dengan membran ini agar memberi corner di setiap sudut ruangan.
Tujuan pemasangan corner tersebut adalah untuk mencegah rongga udara muncul di sudut lantai ruangan. Selain itu, pemberian corner juga berfungsi untuk mencegah material membran agar tidak bengkok atau patah.

3. Pengecoran untuk permukaan berpipa

Tidak semua permukaan yang dilapisi adalah struktur beton. Terkadang ditemui lantai atau permukaan yang memiliki pipa. Pada permukaan yang seperti itu, maka sebelum melapisi dengan membran perlu dilakukan pengecoran terlebih dulu.
Untuk mengecor bagian tersebut dapat menggunakan cor non shrink. Pada banyak jasa waterproofing membrane bakar Jakarta dan kota lain yang sudah berpengalaman, tentu akan lebih profesional dalam menangani kondisi tersebut.

Pengecoran sebelum membran dilakukan agar pipa dapat stabil atau tidak bergerak. Jika goyang-goyang, tentu saja bisa merusak lapisan membran yang sudah dipasang. Metode pelapisan struktur beton harus benar-benar rapat dan tidak ada sedikit pun ruang yang terlewat.
Biasanya pemasangannya menggunakan alat khusus yang akan membantu menggelar membran yang sudah dibakar agar dapat menempel di permukaan beton dengan kuat.

Demikian beberapa hal penting yang perlu dicatat dalam memasang membran bakar pada suatu permukaan beton. Banyak yang menggunakan metode pemasangan membran bakar waterproofing ini karena bagus untuk daya tahan bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORDER VIA WHATSAPP