Jasa Powder Coating untuk Permukaan Logam



Jasa powder coating kini banyak dibutuhkan di berbagai proyek bangunan. Powder coating sendiri merupakan teknik pewarnaan logam dengan menggunakan bahan powder. Berbeda dengan cat minyak, bahan powder tersebut menghasilkan warna yang lebih kuat.

Aplikasi pewarnaan ini harus dilakukan langsung pada permukaan logam sehingga semua material yang mungkin menempel harus dilepas terlebih dulu. Setelah logam bersih, kemudian diberi warna dengan metode coating ini.

Sekarang sudah ada banyak yang menawarkan jasa pewarnaan logam ini, mengingat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari coating untuk ketahanan logam. Berikut adalah beberapa manfaat coating untuk logam.

Manfaat Pewarnaan Logam dengan Powder Coating

1. Hasil yang lebih baik

Pewarnaan dengan bubuk cat ini menggunakan suhu tinggi pada prosesnya. Membuat logam menjadi lebih tahan karat dan warna yang lebih tahan lama. Jasa powder coating Cikarang dan beberapa kota lain banyak menggunakan teknik penghilang karat sebelum proses pewarnaan.
Warna yang dihasilkan pun akan berkualitas baik dan dapat bertahan dari panas maupun hujan. Ketahanan dari warna untuk powder coating bahkan bisa mencapai 10 tahun.
Logam yang diberi lapisan cat ini pun akan lebih mudah untuk dibersihkan. Perawatan menjadi tidak sulit untuk mempertahankan warna maupun kondisi dari permukaan logam itu sendiri.

2. Efisien

Powder coating menjadi salah satu teknik pewarnaan logam yang cukup aman. Selain itu, dari segi biaya dan waktu juga lebih efisien. Penyebaran warna yang dapat dilakukan dengan mudah dan langsung ke permukaan logam. Jika dibandingkan dengan metode cat lain, powder coating lebih murah.

Jasa powder coating Surabaya juga banyak diminati karena lebih ramah lingkungan. Tidak ada bahan kimia khusus pada pelarutan cat yang menghasilkan sampah. Powder yang sudah basah pun tidak akan mengganggu karena tidak menghasilkan bau yang menyengat.

Manfaat untuk permukaan logamnya sendiri adalah menutup pori-pori permukaan dengan lebih sempurna. Membuat warna logam awet dan tahan terhadap karat. Cat yang menutup material logam akan membantu permukaan tersebut lebih tahan terhadap cuaca, tahan gores, dan tahan karat.

3. Lapisan cat yang lebih tebal

Untuk harga jasa powder coating per m2 bisa berbeda-beda tergantung dari perusahaan atau penyedia jasa tersebut. Namun karena manfaat dari powder coating yang cukup bagus, tidak ada salahnya untuk menerapkan metode pengecatan logam yang satu ini.

Menggunakan bahan bubuk warna dengan teknik tertentu, membuat lapisan cat yang menempel di logam lebih tebal. Permukaan logam atau aluminium sendiri diketahui cukup sulit untuk dilapisi dengan cat minyak biasa sehingga powder coating bisa menjadi solusinya.

Untuk cat minyak mungkin hanya sekitar 30-40 micron, sedangkan ketebalan powder coating bisa mencapai 350 micron. Cat yang lebih tebal akan membuat material logam menjadi lebih keras yang akan melindungi dari goresan. Powder coating ini hanya bisa diaplikasikan pada permukaan besi, metal, atau logam.

Pewarnaan metal dengan teknik ini juga banyak diminati karena sifat adhesif yang cukup kuat. Menggunakan panas tinggi hingga 200 derajat, pelelehan bubuk cat akan lebih sempurna sehingga warnanya lebih menyatu. Perlu diingat sebelum pewarnaan, permukaan harus benar-benar bersih dan steril.

Itulah beberapa manfaat dan kelebihan dari teknik powder coating untuk pewarnaan material logam. Menggunakan jasa powder coating yang tepat tentu akan memberikan hasil yang memuaskan, baik warna maupun ketahanan logam yang didapatkan setelah coating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORDER VIA WHATSAPP