Cat Epoxy untuk Lantai



Epoxy lantai atau floor coating merupakan pelapisan lantai menggunakan suatu bahan polimer epoxide yang biasanya ditambah dengan bahan pengeras atau katalis. Umumnya dilakukan sebagai tahap finishing lantai bangunan.

Banyak gedung terutama yang memilki aktivitas tinggi di dalamnya, menggunakan cat khususlantai karena berbagai alasan. Pelapisan cat semacam ini pada suatu beton atau lantai akan menambah kekuatan lantai.

Pelapisan cat pada lantai biasanya akan dicampur dengan bahan penguat yang bisa memberikan kekuatan lebih pada lantai. Walaupun pelapisan menghasilkan lapisan tipis, tetapi memiliki daya kuat untuk menopang kegiatan berat, seperti di sebuah pabrik.

Cat yang telah mengering akan membentuk lapisan tipis yang sifatnya berbeda dari lantai biasa, tampak lebih mengkilat dan terang. Berikut adalah beberapa sifat cat yang digunakan pada teknik hardener lantai yang perlu diketahui.

Sifat-sifat Dasar Cat Epoksi

1. Cat yang anti kimia
Sifat yang dimiliki dari epoksi adalah anti kimia, artinya cat epoksi tersebut akan membuat lantai menjadi tahan terhadap zat-zat kimia yang mengenainya. Lantai yang dilapisi dengan cat epoksi akan lebih terhindar dari reaksi kimia yang mungkin terjadi di gedung yang berkegiatan dengan bahan kimia.

Seperti pabrik atau tempat industri yang menggunakan zat kimia untuk proses produksi, akan lebih aman jika lantai dilapisi dengan cat epoxy resin coating. Hal tersebut dilakukan supaya jika nanti ada kejadian zat kimia tumpah atau menetes ke lantai, zat tersebut tidak bisa merusak lantai.

Manfaat  anti kimia ini akan sangat membantu menjaga keamanan lingkungan gedung atau pabrik. Proses atau aktivitas di dalam gedung menjadi lebih aman untuk para pekerja dan kegiatan produksi.

2. Cat yang tahan panas dan kedap air
Sifat lain yang ada pada cat yang digunakan pada epoksi lantai adalah tahan terhadap suhu panas dan juga kedap air. Lantai yang tahan panas sangat dibutuhkan, terutama di bangunan industrial. Kegiatan industri yang menggunakan banyak mesin akan menghasilkan suhu panas.

Suhu panas dapat mempengaruhi kondisi lantai dari waktu-ke waktu. Terlebih lagi pada gedung yang mesinnya diletakkan di atas lantai, maka akan lebih berpotensi terkena efek panas. Untuk melindungi hal tersebut, menggunakan epoxy paint bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya tahan terhadap  panas saja, cat khusus tersebut juga kedap air.

Sifat yang dibutuhkan lantai pabrik untuk keamanan dan keselamatan kerja. Lantai dengan sifat kedap air, lebih baik kondisinya karena tidak tergenang atau terpengaruh air yang bisa menggerus lantai. Lantai kedap air juga penting untuk gedung yang harus selalu berada dalam kondisi kering.

3. Cat yang anti debu
Tidak hanya sifat-sifat di atas saja, epoksi juga mempunyai sifat anti debu. Gedung atau pabrik yang memiliki aktivitas tinggi dengan kondisi yang mudah berdebu, akan membuat kegiatan membersihkan harus dilakukan dengan lebih sering.

Padahal beberapa lingkungan pabrik tidak memperbolehkan kegiatan lain kecuali produksi terjadi saat jam operasional. Hal tersebut tentu membuat bimbang, karena lantai harus tetap bersih tetapi tidak bisa dilakukan di jam operasional.

Untuk menyingkat kegiatan bersih-bersih, menggunakan lantai anti debu menjadi alternatif yang bijak. Epoxy resin dan hardener yang dilapiskan pada sebuah lantai akan menghasilkan lapisan lebih mulus dan juga tahan debu. Sifat anti debu tersebut dibutuhkan terutama pada gedung yang harus selalu bersih.

Demikian beberapa sifat dari cat epoksi dan manfaatnya untuk lantai gedung. Penggunaan teknik epoxy lantai tersebut banyak ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORDER VIA WHATSAPP