Ketahui Cara Epoxy Lantai untuk Tampilan Lantai yang Indah dan Bersih


Epoxy lantai merupakan suatu cara atau metode untuk mengecat lantai agar terlihat lebih bersih dan kinclong. Metode ini banyak digunakan saat ini karena dengan menggunakan metode ini maka lantai rumah Anda akan terlihat lebih cantik.

Cara ini adalah sistem pelapisan lantai dengan dua komponen, yakni resin dan hardener atau yang biasa disebut sebagai pengeras. Kedua komponen ini nantinya akan bereaksi secara kimia dan menjadi satu ikatan polymer. Polymer inilah yang membuat keduanya menjadi kuat dan kaku.

Sebelum melakukan cat epoxy lantai, Anda terlebih dahulu harus menghitung luas area yang akan Anda cat. Kemudian Anda dapat memilih warna cat epoxy yang Anda inginkan. Dengan menghitung luas area terlebih dahulu, maka Anda dapat mengetahui perkiraan jumlah cat yang dibutuhkan.

Langkah selanjutnya adalah mengosongkan seluruh area yang akan Anda chat agar pekerjaan Anda lebih mudah dan tidak mengganggu kinerja Anda. Lalu Anda harus melakukan grinding yang merupakan sebuah proses membuka pori-pori lantai agar terbebas dari noda dan debu.

Grinding merupakan proses yang wajib dilakukan bagi Anda, agar cat epoxy mampu meerkat dengan baik hingga masuk ke pori-pori lantai tanpa terhalang debu dan bekas noda tersebut. Selanjutnya Anda akan mengaplikasikan primer epoxy sebagai coating pertama.

Anda harus memastikan bahwa primer epoxy ini benar-benar kering sebelum Anda lanjut ke langkah selanjutnya. Plamir epoxy merupakan tahap pengecatan di seluruh permukaan lantai yang harus Anda lakukan. Kemudian tunggi sampai kering seperti pada tahap primer tadi.

Tahap pengecatan terakhir yang wajib Anda lakukan adalah sortir plamir. Tahapan ini bertujuan untuk memastikan plamir telah merata dengan sempurna. Anda tidak perlu mengecek secara keseluruhan, hanya bagian yang kurang saja yang Anda timpa lagi dengan cat epoxy tersebut.

Proses selanjutnya adalah epoxy warna dasar yang menjadi base dari permukaan lantai Anda. Setelah pengecatan ini selesai dan permukaan lantai benar-benar kering, maka Anda harus mengamplas seluruh permukaan lantai hingga semuanya teramplas dengan sempurna.

Tahapan terakhir yang akan membuat ketebalan epoxy sesuai dengan yang telah ditentukan adalah finishing dengan mengecat top coat agar didapatkan ketebalan lantai yang sesuai seperti apa yang Anda inginkan.

Epoxy lantai ini biasa digunakan dalam berbagai bidang industri. Tujuan cat expoy ini adalah agar tampilan lantai di tempat-tempat umum, seperti rumah sakit, kantor, lantai pabrik, dapat terlihat bersih dan indah serta rata tanpa terlihat sebuah sambungan.

Cara pengecatan lantai seperti ini memiliki banyak keunggulan sehingga menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin memiliki lantai yang indah.

Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

Memiliki ketahanan kimia dan panas yang sangat bagus.
Memiliki daya tahan terhadap berat yang sangat bagus.
Memiliki porositas yang rendah sehingga noda tidak mudah menempel pada lantai.
Tidak mudah terjadi keretakan, kecuali terdapat benturan ataupun guncangan yang besar pada permukaan lantai.
Mudah dibersihkan. Anda dapat menggunakan towel ataupun pel biasa untuk membersihkan lantai.
Membuat tampilan lantai Anda menjadi lebih menarik.
Menghasilkan lantai dengan permukaan yang mulus dan tidak ada garis sambungan.
Itulah tadi beberapa keunggulan dari pengecatan epoxy ini. Anda dapat mencoba mengaplikasikannya pada permukaan lantai Anda agar terlihat lebih rapi dan menarik. Pastikan untuk memilih warna cat yang tepat agar sesuai dengan warna ruangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORDER VIA WHATSAPP